top of page
  • Writer's pictureDewi Fortuna

Buat Strategi Pemasaran Anda

Updated: Jun 9, 2022


Mengembangkan strategi pemasaran sangat penting untuk bisnis apa pun. Tanpa satu, upaya Anda untuk menarik pelanggan cenderung sembarangan dan tidak efisien.


Fokus strategi Anda harus memastikan bahwa produk dan layanan Anda memenuhi kebutuhan pelanggan dan mengembangkan hubungan jangka panjang dan menguntungkan dengan pelanggan tersebut. Untuk mencapai hal ini, Anda perlu menciptakan strategi fleksibel yang dapat menanggapi perubahan dalam persepsi dan permintaan pelanggan. Ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi seluruh pasar baru yang dapat Anda targetkan dengan sukses.


Tujuan dari strategi Penulis Artikel adalah mengidentifikasi dan kemudian mengkomunikasikan manfaat dari penawaran bisnis Anda ke target pasar Anda.


Setelah Anda membuat dan menerapkan strategi Anda, pantau keefektifannya dan buat penyesuaian apa pun yang diperlukan untuk mempertahankan kesuksesannya.


Panduan ini membantu Anda mengidentifikasi pelanggan mana yang harus difokuskan dan tujuan utama Anda dalam menjangkau mereka. Ini menjelaskan apa yang harus dimasukkan dalam strategi pemasaran Anda dan bagaimana strategi itu dapat digunakan sebagai dasar untuk tindakan yang efektif


ELEMEN KUNCI DARI STRATEGI PEMASARAN YANG BERHASIL


Salah satu elemen kunci dari strategi pemasaran yang sukses adalah pengakuan bahwa pelanggan Anda yang ada dan calon pelanggan akan jatuh ke dalam kelompok atau segmen tertentu, yang dicirikan oleh "kebutuhan" mereka. Mengidentifikasi kelompok-kelompok ini dan kebutuhan mereka melalui riset pasar, dan kemudian menangani mereka lebih berhasil daripada pesaing Anda, harus menjadi fokus dari strategi Anda.


Anda kemudian dapat membuat strategi pemasaran yang memanfaatkan kekuatan Anda dan mencocokkannya dengan kebutuhan pelanggan yang ingin Anda targetkan. Misalnya, jika sekelompok pelanggan tertentu mencari kualitas pertama dan terpenting, maka setiap aktivitas pemasaran yang ditujukan pada mereka harus menarik perhatian pada layanan berkualitas tinggi yang dapat Anda berikan.


Setelah ini selesai, tentukan aktivitas pemasaran terbaik yang akan memastikan target pasar Anda tahu tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan, dan mengapa mereka memenuhi kebutuhan mereka.


Hal ini dapat dicapai melalui berbagai bentuk periklanan, pameran, inisiatif hubungan masyarakat, aktivitas Internet dan dengan menciptakan strategi "titik penjualan" yang efektif jika Anda mengandalkan orang lain untuk benar-benar menjual produk Anda. Batasi aktivitas Anda ke metode yang menurut Anda akan bekerja paling baik, hindari menyebarkan anggaran Anda terlalu tipis.


Unsur kunci yang sering diabaikan adalah pemantauan dan evaluasi seberapa efektif strategi Anda. Elemen kontrol ini tidak hanya membantu Anda melihat bagaimana kinerja strategi dalam praktik, tetapi juga dapat membantu menginformasikan strategi pemasaran Anda di masa depan. Perangkat sederhana adalah menanyakan kepada setiap pelanggan baru bagaimana mereka mendengar tentang bisnis Anda.


Setelah Anda memutuskan strategi pemasaran Anda, buatlah rencana pemasaran untuk menetapkan bagaimana Anda merencanakan untuk melaksanakan dan mengevaluasi keberhasilan strategi itu. Rencana tersebut harus terus-menerus ditinjau sehingga dapat merespon dengan cepat perubahan dalam kebutuhan dan sikap pelanggan dalam industri Anda, dan dalam iklim ekonomi yang lebih luas.


MEMAHAMI KEKUATAN DAN KELEMAHAN ANDA


Strategi Anda harus mempertimbangkan bagaimana kekuatan dan kelemahan bisnis Anda akan memengaruhi pemasaran Anda.


Mulailah dokumen strategi pemasaran Anda dengan analisis SWOT yang jujur ??dan teliti, lihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman Anda. Merupakan ide yang bagus untuk melakukan riset pasar pada pelanggan Anda saat ini, karena ini akan membantu Anda membangun gambaran yang lebih jujur ??tentang reputasi Anda di pasar.


Kekuatan dapat meliputi:

  • Layanan pelanggan pribadi dan fleksibel

  • Fitur atau manfaat khusus yang ditawarkan produk Anda

  • Pengetahuan atau keterampilan khusus

Kelemahan bisa termasuk:

  • Sumber daya keuangan terbatas

  • Kurangnya reputasi yang mapan

  • Sistem akuntansi yang tidak efisien

Peluang dapat mencakup:

  • Meningkatnya permintaan dari sektor pasar tertentu

  • Menggunakan Internet untuk menjangkau pasar baru

  • Teknologi baru yang memungkinkan Anda meningkatkan kualitas produk

Ancaman bisa meliputi:

  • Munculnya pesaing baru

  • Versi yang lebih canggih, menarik atau lebih murah dari produk atau layanan Anda

  • Undang-undang baru meningkatkan biaya Anda

  • Penurunan ekonomi, mengurangi permintaan secara keseluruhan

Setelah melakukan analisis Anda, Anda kemudian dapat mengukur dampak potensial yang mungkin dimiliki setiap elemen pada strategi pemasaran Anda.


Misalnya, jika peraturan baru akan meningkatkan biaya untuk bersaing di pasar di mana Anda sudah lemah, Anda mungkin ingin mencari peluang lain. Di sisi lain, jika Anda memiliki reputasi yang baik dan pesaing utama Anda sedang berjuang, peraturan mungkin memberikan peluang untuk mendorong secara agresif bagi pelanggan baru.


MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN ANDA


Dengan memahami kekuatan dan kelemahan internal bisnis Anda serta peluang dan ancaman eksternal, Anda dapat mengembangkan strategi yang memainkan kekuatan Anda sendiri dan menyesuaikannya dengan peluang yang muncul. Anda juga dapat mengidentifikasi kelemahan Anda dan mencoba untuk meminimalkannya.

7 views0 comments
bottom of page