top of page
  • Writer's pictureDewi Fortuna

5 Cara untuk Melindungi Kulit Anda


Perawatan kulit turun untuk mempraktekkan kebiasaan yang baik. Berikut adalah lima tips yang dapat membantu mencegah kanker kulit, kulit pecah-pecah, kekeringan, dan banyak lagi.


Kulit Anda memainkan peran penting dalam melindungi tubuh Anda, jadi penting untuk mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan kulit. Merawat kulit Anda tidak harus rumit atau menghabiskan banyak waktu, dan dapat dengan cepat menjadi sifat kedua, seperti menyikat gigi.


Anda dapat menjaga kulit Anda terlihat dan merasa hebat dengan menjaga diri melawan berbagai kesengsaraan kulit, dari kulit yang pecah-pecah hingga penuaan dini hingga kanker kulit. “Kami berbicara tentang hal-hal yang terjadi selama beberapa dekade,” kata dokter kulit Samantha Conrad, MD, dalam praktek di Northwestern Memorial Hospital di Chicago.


Itulah mengapa penting untuk mengembangkan kebiasaan kulit yang sehat —dan tidak pernah terlambat untuk memulai. Berikut adalah lima tips perlindungan kulit yang dapat Anda masukkan langsung ke dalam rutinitas Anda.


Batasi Paparan Matahari


Anda telah mendengar pesan satu miliar kali, tetapi ada alasan bagus - sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari menyebabkan banyak jenis kerusakan kulit, termasuk:

  • Kanker kulit

  • Keriput

  • Bintik-bintik

  • Bintik-bintik usia

  • Discolorations

  • Pertumbuhan jinak

Menggunakan produk perawatan kulit yang menawarkan perlindungan ultraviolet adalah salah satu cara terbaik untuk membantu menjaga kulit Anda terlihat segar dan awet muda. Coba tips ini untuk membantu melindungi kulit Anda dari sinar matahari:

  • Gunakan tabir surya setiap hari dan oleskan ulang secara teratur setiap kali Anda berada di luar ruangan untuk waktu yang lama. "Saya mendorong orang untuk menggunakan sunblock yang lebih berbasis mineral atau fisik," kata Dr. Conrad. Akademi Dermatologi Amerika (AAD) merekomendasikan penggunaan tabir surya dengan SPF minimal 30.

  • Menutupi. "Ini benar-benar tentang perlindungan - itu berarti memakai topi dan pakaian pelindung matahari," kata Conrad. Lengan panjang dan celana panjang atau rok panjang memberi Anda lebih banyak liputan.

  • Tetap berada di dalam ruangan saat matahari paling intens, biasanya antara jam 10 pagi dan 2 siang, menurut AAD.

  • Gabungkan strategi perlindungan matahari. Sebuah studi yang diterbitkan pada Januari 2018 di Harga Honda Makassar menemukan bahwa para pengunjung pantai yang menggunakan payung saja untuk perlindungan matahari lebih mungkin terkena sinar matahari daripada mereka yang hanya menggunakan tabir surya - tetapi tidak ada strategi yang sepenuhnya mencegah sengatan matahari. Para peneliti menyimpulkan bahwa menggabungkan beberapa strategi menawarkan perlindungan paling besar dari sinar matahari yang berbahaya.

Perlu diingat bahwa tanning bed sama berbahayanya dengan sinar matahari langsung, karena mereka juga memancarkan sinar ultraviolet, menurut AAD


Tetap Terhidrasi


"Minum cukup air / cairan sangat penting untuk kesehatan umum Anda," kata Karyn Grossman, MD, seorang dokter kulit dalam praktek pribadi dengan Grossman Dermatology di Santa Monica, California, dan juru bicara untuk AAD. Dia merekomendasikan memulai hari dengan secangkir teh hijau untuk hidrasi, kafein, dan antioksidan.


Selain minum cukup cairan, menjaga kelembapan kulit Anda sangat penting untuk perlindungan kulit.


"Kulit kering dapat memiliki celah kecil pada penghalang kulit yang memungkinkan masuknya bakteri dan jamur," kata dokter kulit Michael Lin, MD, direktur medis Advanced Dermatology dan Skin Cancer Institute di Beverly Hills, California.


Kulit yang terhidrasi dengan baik mempertahankan kelenturan dan kurang cenderung menjadi pecah-pecah, bersisik, atau bersisik. Coba tips ini untuk menjaga kulit Anda terhidrasi:

  • Gunakan krim atau lotion pelembab yang tepat untuk kulit Anda. "Carilah pelembab dengan asam hyaluronic, ceramide, atau minyak kelapa," kata Dr Grossman. “Selalu oleskan pada kulit lembab. Ini menjaga kelembaban di kulit. ”

  • Mandi (atau panas) yang hangat (tidak panas) dan batasi hingga lima hingga 10 menit. Tampaknya berlawanan dengan intuisi, tetapi paparan air benar-benar mengeringkan kulit Anda, Grossman menjelaskan. Jika kulit kering tetap ada, pertimbangkan untuk mengurangi jumlah mandi yang Anda ambil.

  • Investasikan dalam humidifier. "Jika kulit Anda cenderung berada di sisi kering, gunakan humidifier di kamar tidur Anda di malam hari dan di ruang kerja Anda di siang hari dapat membantu menjaga udara terhidrasi, yang dapat mencegah udara dari uap listrik dari kulit Anda," kata Grossman. .

Lakukan Tindakan Pencegahan Kesehatan


Luka dingin disebabkan oleh infeksi virus pada kulit yang membatasi bibir, sementara bakteri dapat berkontribusi pada jerawat dan kondisi kulit lainnya. Memperhatikan dengan seksama apa yang menyentuh kulit Anda dapat membantu menurunkan peluang Anda terpapar kuman. Mulailah dengan Tips-Tips ini:

  • Jangan berbagi barang-barang pribadi, seperti lip balm atau sikat gigi, dengan yang lain.

  • Jangan berbagi minuman dengan orang lain.

  • Hindari menyentuh wajah Anda dengan jari-jari Anda, dan hindari kontak wajah dengan benda-benda yang telah digunakan oleh orang lain, seperti telepon penerima.

  • Jangan memilih kista atau serpihan. Sebaliknya, tanyakan dokter Anda untuk membantu Anda dengan kondisi kulit ini, kata Grossman.

Menjadi cepat dengan pertolongan pertama juga penting, katanya. Jika Anda mendapatkan gigitan serangga atau goresan, "segera dapatkan." Grossman menyarankan untuk membersihkan situs, menerapkan salep antibiotik jika ada istirahat di kulit, menggunakan perban bersih, dan membersihkan situs dua kali sehari saat menyembuhkan .


Gunakan Produk Perawatan Kulit Lembut


Mencuci wajah Anda penting untuk menghilangkan kotoran, minyak, kuman, dan sel-sel mati dari kulit Anda. Namun, menggosok wajah Anda dapat menyebabkan iritasi dan menyebabkan kulit pecah-pecah yang bisa menjadi rentan. "Saya menemukan bahwa orang-orang sering over-rub, over-scrub, dan kulit yang berlebihan," kata Grossman yang di lansir oleh Harga Honda Jazz Makassar, yang merekomendasikan menghindari produk perawatan kulit pengelupasan kulit yang abrasif.


AAD Merekomendasikan:

  • Cuci muka dua kali sehari dengan air hangat dan pembersih ringan.

  • Dengan lembut pijat wajah Anda dengan jari-jari Anda, menggunakan gerakan melingkar.

  • Membilas dengan bersih setelah mencuci untuk menghilangkan semua sabun dan kotoran.

  • Menepuk - tidak menggosok - kulit Anda kering, lalu mengoleskan pelembap.

Kenali Kulit Anda


"Periksa kulit Anda secara teratur untuk mengubah tahi lalat dan tanda-tanda lain dari kemungkinan kanker kulit," kata Grossman. Bicarakan dengan dokter kulit Anda tentang jenis perubahan apa yang harus Anda perhatikan.


Kondisi kulit tertentu memerlukan kunjungan ke dokter kulit, termasuk jerawat sering, kulit kemerahan yang meradang atau teriritasi, dan ruam kulit dan iritasi yang tidak hilang, karena ini bisa menjadi tanda dari salah satu dari banyak jenis dermatitis, atau peradangan kulit.


Namun, jika Anda pernah memperhatikan masalah kulit lainnya, penting untuk mendapatkan perhatian medis untuk menyelesaikannya dengan cepat dan menghindari kulit Anda berisiko.

8 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page